RUANG LINGKUP TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Desain,
pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian adalah 5 kawasan
teknologi pendidikan yang harus dikembangkan untuk mengidentifikasi
hubungan timbal balik dari teori dan praktik pembelajaran serta
penelitian yang dilakukan untuk melihat kebenaran teori yang ada.Setiap
kawasan dalam teknologi pendidikan memberikan kontribusi kepada
pengembangan teori dan praktik dan sebaliknya teori dan praktik
dijadikan pengembangan kawasan.Tiap kawasan tidak dapat berdiri sendiri,
tetapi saling berkaitan sebagai suatu kegiatan yang sistematik.Hubungan
antar kawasan ini bersifat saling melengkapi.
Penjelasan mengenai masing-masing kawasan/ ruang lingkup teknologi pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Kawasan Desain
Yang
dimaksud dengan desain disini adalah proses untuk menentukan kondisi
belajar dengan tujuan untuk menciptakan strategi dan produk. Kawasan
desain paling tidak meliputi empat cakupan utama dari teori dan praktek,
yaitu: desain sistem pembelajaran, desain pesan, strategi pembelajaran,
dan karakteristik pembelajar.
2. Kawasan Pengembangan
Pengembangan
adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik,
di dalamnya meliputi: teknologi cetak, teknologi audio-visual, teknologi
berbasis komputer, dan teknologi terpadu.
3. Kawasan Pemanfaatan
Pemanfaatan
adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Fungsi
pemanfaatan sangat penting karena membicarakan kaitan antara pembelajar
dengan bahan atau sistem pembelajaran.
4. Pengelolaan
Pengelolaan
meliputi pengendalian teknologi pembelajaran melalui: perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian dan supervisi. Kawasan pengelolaan
bermula dari administrasi pusat media, program media dan pelayanan
media.Pembauran perpustakaan dengan program media membuahkan pusat dan
ahli media sekolah.Program-program media sekolah ini menggabungkan bahan
cetak dan non cetak sehingga timbul peningkatan penggunaan
sumber-sumber teknologikal dalam kurikulum.
5. Penilaian
Penilaian
dalam pengertian yang paling luas adalah aktivitas manusia sehari-hari.
Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menakar nilai aktivitas atau
kejadian berdasarkan kepada sistem penilaian tertentu.Penilaian
merupakan proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar,
mencakup analisis masalah, pengukuran acuan patokan, penilaian formatif,
dan penilaian sumatif.
Komentar
Posting Komentar